visi misi Desa Tampungrejo : " Tercapainya Masyarakat Desa Tampungrejo Yang maju, Mandiri, Aman, Sehat, Sejahtera, Semangat Gotomg Royong Dan Berakhlakul Karimah" .

Artikel

KETIKA REMPAH BERKHASIAT NAMUN TETAP TERASA NIKMAT

07 Mei 2022 20:40:24

Administrator

70 Kali dibaca

Menghadapi  pandemi COVID-19, berbagai upaya dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah diri dari penyakit tersebut. Mulai dari dari cuci tangan dengan benar menggunakan sabun, membuat hand sanitizer sendiri hingga mengonsumsi vitamin dan makan makanan bergizi. Asupan nutrisi untuk imun berkualitas sangat menjadi prioritas bagi siapapun. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi Minuman Herbal.

 Minuman herbal menjadi salah satu minuman yang tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Minuman herbal merupakan minuman yang berbahan dasar bahan alami yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Minuman herbal biasanya terbuat dari rempah-rempah. Rempah-rempah yang sering dijadikan minuman herbal adalah jahe, kencur, kunyit, temulawak, serai, kunyit dan masih banyak lagi.


Manfaat dari minuman herbal ini antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga pencernaan, dan mencegah timbulnya berbagai penyakit dari sakit ringan hingga penyakit yang parah sekalipun. Berbagai manfaat ini diperoleh dari adanya bahan aktif alami yang ditemukan pada tanaman tertentu. Melihat manfaat tersebut, maka minuman herbal sangat diperlukan dimasa pandemi seperti sekarang.

Di masa pandemi seperti sekarang, dibutuhkan tubuh yang memiliki sistem daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terpapar virus. Selain menjaga 5 M, imunitas tubuh menjadi salah satu hal yang penting untuk menghindarkan diri dari paparan virus. Ditambah lagi cuaca yang tak menentu membuat banyak masyarakat yang terserang flu dan batuk secara tiba-tiba. Tentu saja jika daya tahan tubuh lengah maka virus akan mudah menyerang tubuh. Meningkatkan kekebalan tubuh merupakan bentuk pertahanan diri dalam melawan virus corona.

Dengan adanya kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Mahasiswa STIKES RS Anwar Medika di Desa Kumitir “ Penanaman dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai Minuman Herbal Peningkat Imun (IMUt) selama Pandemi” Mahasiswa STIKE RS Anwar Medika bersama dengan Ibu-Ibu PKK Desa Kumitir membuat produk dari olahan tanaman Toga antara lain Minuman Herbal (dengan nama ‘ERBA’) serta Kue Kering. Yang dimana kedua produk tersebut terbuat dari bahan rempah – rempah alami antara lain Jahe,Sereh,Daun Pandan,Bunga Telang,dan Bunga Rosella.

Minuman ERBA sendiri mempunyai 3 varian rasa yaitu Jahe sereh,Rosella Jahe Sereh,dan Jahe Bunga Telang. Sedangkan untuk kukis memilik 2 varian rasa yaitu Ginger Latte dan Cinnamon Raisin. Adapun produk tersebut menjadi salah satu produk uggulan desa yang di kelola Oleh Ibu-Ibu PKK Desa Kumitir. Kedua Produk tersebut di jual dengan harga Rp 7.000/pcs untuk minuman ERBA dan Rp 10.000/pcs untuk kukis. Hingga saat ini tim produksi Kumitir Factory telah menjual produk kisaran 300 pcs Erba dan Kukis. 

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Pemerintah Desa

Statistik

Sinergi Program

Kim Layang Kumitir

Galeri

Media Sosial

Peta Lokasi Kantor

Kantor Desa
Alamat:Jl. Raya Syayid Mahmud No. 04
Desa : Tampungrejo
Kecamatan : Puri
Kabupaten : Mojokerto
Kodepos : 61363

Statistik Pengunjung

Hari ini:84
Kemarin:76
Total Pengunjung:36.666
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.133.151.220
Browser:Mozilla 5.0