visi misi Desa Tampungrejo : " Tercapainya Masyarakat Desa Tampungrejo Yang maju, Mandiri, Aman, Sehat, Sejahtera, Semangat Gotomg Royong Dan Berakhlakul Karimah" .

Artikel

Pagelaran Wayang Kulit dalam Rangka Ruwah Desa Tampungrejo

16 Maret 2023 18:15:35

Administrator

1.176 Kali dibaca

Pada tanggal 9 Maret 2023, acara kebudayaan Berupa Pagelaran Wayang Kulit Ki dalang Pitoyo diselenggarakan di  Desa Tampungrejo Kecamatan puri Kabupaten Mojokerto. Acara ini sering disebut oleh warga sekitar sebagai "Ruwah Desa", dimana acara ini dilaksanakan selama sehari penuh dan bertempat di Balai Desa Tampungrejo. Acara ini juga dihadiri oleh banyak lapisan masyarakat, khususnya warga Desa Tampungrejo dikarenakan acara ini merupakan acara besar setelah terhalang pandemi sekian lama.

Ruwah Desa berasal dari kata dalam Bahasa Jawa, "Ruwah atau Ruwat" yang berarti memelihara, memperingati, dan mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada kita, sedangkan "Desa" yang berarti wilayah yang dipimpin oleh Kepala Desa. Ruwah Desa sendiri merupakan sebuah tradisi yang masih ada hingga saat ini dimana tradisi ini merupakan tradisi turun temurun dari "Sang Babat Alas atau Sing Mbangun Desa". 

Acara ini diselenggarakan setiap tahun dengan waktu pelaksanaan berada di bulan Ruwah, dengan tujuan sebagai acara tasyakuran atau selametan untuk kemakmuran dan keamanan Desa Tampungrejo

Biasanya tradisi ini diselenggarakan mengikuti perhitungan Kalender Jawa yang jatuh pada Bulan Ruwah. Ruwah Desa ini diikuti oleh seluruh warga Desa Tampungrejo sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sebagai sarana untuk membuang nasib buruk untuk selalu diberikan keselamatan di setiap langkah yang ditempuh di tanah tersebut.

Ruwah Desa ini memiliki rangkaian acara dari pagi hingga malam hari, untuk kegiatan pagi acara khotmil quran dilaksanakan di dusun dusun se desa Tampungrejo kemudian di lanjutkan bancaan/ kirim doa kepada sesepuh desa Tampungrejo yang di laksanakan di dusun masing masing, kemudain setelah sholat duhur dilaksanakan bancaan/ kirim doa yang dikalsanakan di pendopo balai desa tampungrejo. 

Pada malam harinya, lebih tepatnya pada waktu Ba'da Isya, dilanjutkan campur sari dan Pagelaran wayang kulit oleh ki dalang pitoyo dengan lakon wahyu katentreman Selama Semalam suntuk.

Acara terakhir pada pagi harinya di tutup dengan Khotmil quran di pendopo Balai Desa Tampungrejo dengan di hadiri semua Perangkat Desa Tampungrejo.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Pemerintah Desa

Statistik

Sinergi Program

Kim Layang Kumitir

Galeri

Media Sosial

Peta Lokasi Kantor

Kantor Desa
Alamat:Jl. Raya Syayid Mahmud No. 04
Desa : Tampungrejo
Kecamatan : Puri
Kabupaten : Mojokerto
Kodepos : 61363

Statistik Pengunjung

Hari ini:22
Kemarin:76
Total Pengunjung:36.604
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.21.246.223
Browser:Mozilla 5.0